Sivitas Akademika Prodi PBI-S3 FBSB UNY Tunjukkan Pemahaman Tinggi terhadap VMTS

Keterangan Foto: 
Ilustrasi Pelaksanaan Survey Pemahaman VMTS

Yogyakarta, Oktober 2025 — Dalam rangka memperkuat arah pengembangan institusi dan memastikan keselarasan seluruh elemen pendukung program studi, Program Studi S3 Pendidikan Bahasa Inggris telah melaksanakan survei internal untuk mengukur tingkat pemahaman terhadap Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi (VMTS). Survei ini menjadi bagian dari komitmen program studi dalam membangun budaya akademik yang berorientasi pada mutu, transparansi, dan partisipasi aktif seluruh sivitas akademika.

Latar Belakang dan Tujuan Survei

VMTS merupakan fondasi utama dalam pengelolaan dan pengembangan program studi. Pemahaman yang kuat terhadap VMTS tidak hanya penting bagi pimpinan program studi, tetapi juga bagi dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan. Oleh karena itu, survei ini diselenggarakan untuk (1) Menilai tingkat pemahaman sivitas akademika terhadap VMTS prodi; (2) Mengidentifikasi sejauh mana VMTS telah tersosialisasi dan diinternalisasi; (2) Menyediakan data untuk evaluasi dan perbaikan strategi komunikasi dan implementasi VMTS.

Metodologi Pelaksanaan

Survei dilakukan secara daring menggunakan instrumen kuesioner berbasis skala Likert lima poin. Kuesioner ini mencakup empat aspek utama:

  1. Pemahaman Umum terhadap VMTS
  2. Keterlibatan dan Sosialisasi
  3. Relevansi dan Implementasi
  4. Evaluasi dan Tindak Lanjut

Responden terdiri dari tiga kelompok: dosen (N=5), mahasiswa (N=30), dan tenaga kependidikan (N=1). Data yang terkumpul dianalisis menggunakan pendekatan interpretasi skala lima poin (Pimentel, 2010).

Hasil Survei

1. Dosen: Pemahaman Sangat Tinggi dan Konsisten

Kelima dosen yang berpartisipasi menunjukkan pemahaman yang sangat tinggi terhadap seluruh aspek VMTS. Seluruh item memperoleh nilai rata-rata di atas 4,20, yang diinterpretasikan sebagai “Strongly Agree”. Hal ini menunjukkan bahwa para dosen tidak hanya memahami secara konseptual, tetapi juga telah menginternalisasi VMTS dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi.

2. Mahasiswa: Sosialisasi Efektif, Internalisasi Kuat

Sebanyak 30 mahasiswa memberikan respons yang sangat positif. Seluruh item dalam kuesioner memperoleh nilai rata-rata di atas 4,20, menunjukkan bahwa VMTS telah tersampaikan dengan baik dan dipahami secara menyeluruh oleh mahasiswa. Ini mencerminkan keberhasilan program studi dalam menyosialisasikan nilai-nilai strategisnya melalui berbagai media dan kegiatan akademik.

3. Tenaga Kependidikan: Pemahaman Baik, Perlu Penguatan

Satu orang tenaga kependidikan turut serta dalam survei ini. Meskipun jumlah responden terbatas, hasil menunjukkan bahwa sebagian besar item berada pada kategori “Agree”, dengan dua item mencapai “Strongly Agree”. Namun, terdapat satu item dengan skor netral (3,00), yang menjadi catatan penting bagi program studi untuk memperkuat komunikasi dan pelibatan tenaga kependidikan dalam proses internalisasi VMTS.

Kesimpulan dan Rekomendasi

Secara umum, hasil survei menunjukkan bahwa tingkat pemahaman terhadap VMTS di lingkungan Program Studi S3 Pendidikan Bahasa Inggris berada pada kategori baik hingga sangat baik. Dosen dan mahasiswa menunjukkan pemahaman yang sangat tinggi, sementara tenaga kependidikan menunjukkan pemahaman yang baik dengan ruang untuk peningkatan.

Dengan hasil ini, Program Studi S3 Pendidikan Bahasa Inggris semakin mantap dalam melangkah menuju pencapaian visi institusionalnya, dengan dukungan penuh dari seluruh elemen sivitas akademika.