Mahasiswa S3 Pendidikan Bahasa Inggris UNY Nyatakan Kepuasan Tinggi terhadap Layanan Akademik dan Kinerja Dosen

Keterangan Foto: 
Daya Tangkap (Responsiveness)

Mahasiswa S3 Pendidikan Bahasa Inggris UNY Nyatakan Kepuasan Tinggi terhadap Layanan Akademik dan Kinerja Dosen

Yogyakarta, Desember 2024 — Program Studi Doktor (S3) Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kembali melaksanakan Survei Kepuasan Mahasiswa Tahun 2024 sebagai bagian dari komitmen peningkatan mutu layanan akademik. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui laman survey.uny.ac.idselama bulan Desember 2024.

Dari total mahasiswa aktif, sebanyak 81% mahasiswa berpartisipasi dalam survey ini, menunjukkan partisipasi tinggi dalam survey ini. Lebih lanjut, survei menilai kepuasan mahasiswa terhadap tiga bidang utama, yaitu performa mengajar dosen, layanan administrasi akademik, serta kuantitas dan kualitas fasilitas pendidikan. Penilaian dilakukan dengan empat kategori: Baik Sekali, Baik, Cukup Baik, dan Kurang Baik.

Hasil survei menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi di lima aspek utama layanan pendidikan:

  • Daya Tangkap (Responsiveness) – Sebanyak 69% responden menilai Baik Sekali, menandakan kepuasan terhadap kecepatan dan ketepatan dosen maupun staf dalam menanggapi kebutuhan akademik mahasiswa.

  • Keandalan (Reliability) – 69% menilai Baik Sekali, menunjukkan konsistensi layanan akademik, terutama dalam pelaksanaan perkuliahan, bimbingan, dan administrasi yang berjalan sesuai jadwal.

  • Keramahan Layanan (Empathy) – Meraih skor tertinggi dengan 77% Baik Sekali, mencerminkan sikap ramah, empatik, dan perhatian personal dari dosen serta staf administrasi terhadap mahasiswa.

  • Kepastian (Assurance) – 77% Baik Sekali, menunjukkan tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap kompetensi dan profesionalisme dosen dalam memberikan jaminan mutu layanan akademik.

  • Fasilitas Nyata (Tangible) – 73% Baik Sekali, menggambarkan apresiasi mahasiswa terhadap kondisi ruang kuliah, sarana pendukung pembelajaran, serta akses sumber literatur digital yang terus ditingkatkan.

Secara umum, hasil survei menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa sangat puas terhadap layanan akademik dan kinerja dosen. Nilai rata-rata pada kategori Baik Sekali di atas 70% menandakan kualitas pembelajaran dan layanan yang terjaga dengan baik. Mahasiswa juga menilai dosen memiliki kompetensi akademik tinggi, bimbingan yang intensif, serta pendekatan pembelajaran yang interaktif dan inspiratif.

Meski demikian, mahasiswa turut memberikan masukan konstruktif, terutama terkait peningkatan fasilitas pendukung riset dan ruang diskusi ilmiah. Peningkatan integrasi sistem layanan digital juga menjadi perhatian untuk memperkuat efisiensi administrasi.

Survei kepuasan mahasiswa ini merupakan bagian dari sistem penjaminan mutu internal UNY yang dilaksanakan secara rutin. Melalui kegiatan ini, Program Studi S3 Pendidikan Bahasa Inggris berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan akademik, memperkuat sistem pembelajaran berbasis riset, serta menciptakan iklim akademik yang produktif dan inklusif bagi seluruh mahasiswa program doktoral.

-Anis Handayani