Profil Lulusan

Lulusan Program Studi PBI S3 FBSB UNY dipersiapkan menjadi pendidik (guru ahli dan dosen) yang memiliki wawasan, pengetahuan, dan keterampilan Abad 21 serta kepemimpinan instruksional. Selain itu, lulusan memiliki kompetensi sebagai peneliti, pengembang kurikulum pembelajaran, serta pengembang perangkat pembelajaran berbasis teknologi. Lulusan juga mampu menjalankan peran sebagai pendidik dengan tugas tambahan, seperti menjadi pemangku dan/atau pengambil kebijakan yang terkait dengan pembelajaran bahasa Inggris. Penerapan kompetensi lulusan Program Studi PBI S3 adalah sebagai berikut

Profil Lulusan

Kompetensi Lulusan

Pendidik Bahasa Inggris

Merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran yang adaptif dan reflektif dalam mengembangkan keterampilan Abad 21 (7Cs: Critical thinking and problem solving; Creativity and innovation; Collaboration, teamwork, and leadership; Cross cultural understanding, Communication and media fluency; Computing and ICT fluency; dan Career and learning self-reliance) secara seimbang dan optimal.

Peneliti Pembelajaran Bahasa Inggris

Merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mendiseminasi hasil penelitian secara teoritis dan empiris dari perspektif inter/multidisipliner untuk memecahkan permasalahan dengan mengikuti perkembangan keilmuan dan tren lokal, nasional, regional, dan global dalam pembelajaran Bahasa Inggris.

Konsultan dan atau pengembang kurikulum pembelajaran beserta perangkat dan teknologi pembelajaran

Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pengembangan kurikulum pembelajaran Bahasa Inggris yang memfasilitasi siswa/mahasiswa belajar, mampu menguasai keterampilan Abad 21 (7Cs: Critical thinking and problem solving; Creativity and innovation; Collaboration, teamwork, and leadership; Cross cultural understanding, Communication and media fluency; Computing and ICT fluency; dan Career and learning self-reliance);

 

mengembangkan perangkat kurikulum pembelajaran Bahasa Inggris yang adaptif, responsif, dan inovatif terhadap tren global dalam pembelajaran Bahasa Inggris;

 

mengembangkan teknologi, informasi, dan komunikasi untuk pembelajaran yang adaptif, responsif, dan inovatif berdasarkan perkembangan keilmuan dan teknologi.

Pemangku dan pengambil kebijakan di bidang pendidikan

Merancang dan melaksanakan analisis kebutuhan dan situasi sebagai bukti (evidence based) dalam perumusan dan pengambilan kebijakan dalam ruang lingkup pengembangan pendidikan;

 

 

melaksanakan fungsi dan peran sebagai pengambil kebijakan berbasis bukti (evidence based) dalam ruang lingkup pengembangan pendidikan.